Tuesday 9 July 2013

GENTENG TANAH LIAT JATIWANGI


PROSES PEMBUATAN GENTENG TANAH LIAT

Proses pembuatan sangatlah mudah tapi membutuhkan tenaga, ketelitian dan tentunya biaya operasional pembuatan. Mulai dari mencangkul tanah liat, membuat gilingan dengan molen di cetak kotak kota ukuran 20 cmx 40 cm dan kemudian di pindahkan ke rak untuka mendapatkan kekeringan, setelah itu di gebleg dan dicetak dengan mesin cetak press dengan mesin cetak.
Selanjutnya setelah dicetak diptong pinggirnya agar rapih d an di elus dengan minyak tanah, selanjutnya di kembalikan ke rak-rak sampai dengan 3 hari untuk mendapatkan kekuatan kerasnya bahan Genteng mentah yang terbuat tanah liat  tersebut. Kemudian seetelah itu di jemur dengan panasnya matahari sampai dengan kering matahari selama 7 jam, biasanya jam 08.00 pagi sampai dengan 15.00 sore.kalau belum kering badan bahan genteng kiri dan kanan dikeringkan.
Setelah itu dibawa ke tempat pembakaran dengan nama “JEBOR”, setelah itu kemudian dengan di bakar kayu dengan suhu belum biasa di ukur. Tapi dengan lama panasnya pembakaran satu hari untuk pemanasan dengan nyala kecil (digarang) selama 6-8 jam , setelah itu kemudian dibakar panas dengan suhu tinggi selama  12 jam. Setelah terlihat api diatas tungku tobong memerah pembakaran berarti Genteng sudah matang.
Setelah itu dibongkar dari Tobong pembakaran genteng, dan disortir  mana yang retak dan tidak, setelah itu di tumpuk/. Dan genteng disiap dipasarkan,
 

Keunggulan genteng tanah liat antara lain
1. Lebih dingin
Genteng tanah liat lebih dingin karena genteng konvensional dari tanah atau materi sejenis itu, dia cenderung menyerap panas dan melepasnya pelan2 (sifat benda padat).
2. Tidak berisik
Berbeda dengan genteng metal dan seng kalau saat hujan atau angin kencang terdengar berisik sekali, genteng tanah liat tidak berisik
3. Lebih artistik (indah)
Penggunaan genteng tanah liat lebih indah karuna alur dan glazurnya lebih artistik disamping bahannya yang berwarna alamiah.
4. Mudah Perawatannya
Karena sifatnya yang keras, ketika genteng diinjak tidak akan pecah. Dan apabila ada genteng yang pecah dapat langsung diganti karena bisa dijual satuan
harga genteng jatiwangi, jual genteng jatiwangi
untuk info harga dan produk genteng jatiwangi bisa hubungi 085224416000

No comments:

Post a Comment